5 Hal Bijak Saat Memberikan Bonus Pembelian
Halo Sobat Digital..
Artikel berikut ditulis dari pengalaman saat berinteraksi langsung dengan
seorang pedagang keliling di sekitar domisili saya. Sangat menarik tata
cara, sikap, jiwa ulet dan strategi pemasaran yang digunakan.
5 Hal yang patut diamati dan diapresiasi saat memberikan bonus pembelian adalah
Pemilihan Waktu Yang Tepat
Menjual produk yang bersifat kebutuhan konsumsi tentu ada titik kebosanan
yang akan mendatangi penikmatnya.
Artinya jika memang Anda penggemar dan sangat senang kerupuk (misalnya),
apakah akan mengkonsumsinya setiap kali Anda makan?? Jika pun iya,
tentunya ada waktu dimana Anda dan keluarga tidak memakannya.
Jadi, bisa saja tidak diperlukan produk tersebut setiap hari dan
ketiadaan stok nya pun masih bisa menunggu.
Dan Sang Bapak pedagang keliling yang saya maksud, paham betul hal
tersebut sehingga hanya menghampiri pelanggannya di hari stok produk
konsumsinya habis.Sangat menarik karena pelanggannya tidak pernah menolak
ditawari dan penjualnya pun pasti mendapatkan penjualan.
Pemilihan Wilayah
Terkait dengan poin pemilihan waktu yang tepat, akibatnya kita bisa paham
juga mana wilayah yang sedang membutuhkan suplai produk atau mana yang
tidak. Sehingga lebih mudah menentukan jadwal untuk melakukan kunjungan ke
wilayah yang memerlukan.
Sang Bapak tersebut pun, nyatanya hanya berkeliling di wilayah saya di
hari Selasa dan Sabtu dan uniknya hampir pasti stok produk konsumsi tepat
habis dan butuh pembelian baru.
Pemilihan Titik Berhenti (Nesting Point)
Apakah Anda pernah mengalami harus terburu-buru keluar rumah untuk
mengejar penjual yang berkeliling hanya karena melintas terlalu cepat??
Merepotkan bukan??
Bagaimana Jika ada seorang penjual yang selalu melewati rute yang
persis sama saat melintas, dengan ritme melintas yang sama dan titik
berhenti yang sama??
Sang Bapak, dengan sangat pintar menjawab semua hal itu dan sangat
hapal titik dimana pembeli pastinya menunggu. Bahkan ada yang sudah
meletakkan keranjang belanja dan uangnya persis untuk diisi Sang Bapak
karena harus keluar rumah.
Layanan Sempurna Dengan Nilai Tukar
Apakah Anda pernah merasakan, kenaikan harga produk tidak diimbangi
dengan bertambahnya kualitas produk bahkan volume produknya berubah
menurun??
Sang Bapak dengan ulet dan hebat, bisa mempertahankan harga yang sama,
dengan kualitas yang sama persis hampir 5 tahun belakangan
ini.
Bijak Dalam Memberikan Bonus Pembelian
Poin Istimewa terakhir yang saya dapat adalah bagaimana sangat
terampilnya Sang Bapak ini memberikan bonus kepada para pembeli
setianya.
Secara singkat dan jelas, beliau memberikan info bahwa dalam
pembelanjaan yang disampaikan ada sejumlah produk dengan ciri sederhana
sebagai bonusnya.
Hal ini untuk menghindari pembeli tidak keliru berpikir tentang jumlah
asli pembelian.
Gampangnya hanya dengan kata-kata (sebagai contoh)
10 ribu rupiah dapet 10 yaa, 5 di dalam kantong belanja itu bonus dari saya.
Dengan cara ini pembeli tidak berpikir 10 ribu dapet 15 tetapi dengan hangat menerima bonus pembeliannya.
Kesimpulan 5 Hal Bijak Saat Memberikan Bonus Pembelian
Piawai dalam berbisnis ditemukan saat Anda melakukannya, dan buat
pelanggan Anda nyaman dengan
1. Pilih waktu yang tepat untuk melakukan
penawaran
2. Tentukan jadwal visit dan isi agenda kerja
3. Pastikan titik sarang
4. Sempurnakan selalu nilai tukar produk
5. Terampil memberikan tambahan penjualan
Posting Komentar
Posting Komentar